O'clock

Kamis, 27 Mei 2010

Sistem pendinginan motor

Sistem pendinginan dalam mesin kendaraan adalah suatu sistem yang berfungsi untuk menjaga supaya temperatur mesin dalam kondisi yang ideal. Mesin pembakaran dalam (maupun luar) melakukan proses pembakaran untuk menghasilkan energi dan dengan mekanisme mesin dirubah menjadi tenaga gerak. Mesin bukan instrumen dengan efisiensi sempurna, panas hasil pembakaran tidak semuanya terkonversi menjadi energi, sebagian terbuang melalui saluran pembuangan dan sebagian terserap oleh material disekitar ruang bakar. Mesin dengan efisiensi tinggi memiliki kemampuan untuk konversi panas hasil pembakaran menjadi energi yang dirubah menjadi gerakan mekanis, dengan hanya sebagian kecil panas yang terbuang. Mesin selalu dikembangkan untuk mencapai efisiensi tertinggi, tetapi juga mempertimbangkan faktor ekonomis, daya tahan, keselamatan serta ramah lingkungan.

Proses pembakaran yang berlangsung terus menerus dalam mesin mengakibatkan mesin dalam kondisi temperatur yang sangat tinggi. Temperatur sangat tinggi akan mengakibatkan desain mesin menjadi tidak ekonomis, sebagian besar mesin juga berada di lingkungan yang tidak terlalu jauh dengan manusia sehingga menurunkan faktor keamanan. Temperatur yang sangat rendah juga tidak terlalu menguntungkan dalam proses kerja mesin. Sistem pendinginan digunakan agar temperatur mesin terjaga pada batas temperatur kerja yang ideal.

Prinsip pendinginan adalah melepaskan panas mesin ke udara, tipe langsung dilepaskan ke udara disebut pendinginan udara (air cooling), tipe menggunakan fluida sebagai perantara disebut pendinginan air.

Daftar isi


Pendinginan udara

Silinder mesin dengan sirip pendingin

Dalam sistem ini, panas mesin langsung dilepaskan ke udara. Mesin dengan sistem pendinginan udara mempunyai desain pada silinder mesin terdapat sirip pendingin. Sirip pendingin ini untuk memperluas bidang singgung antara mesin dengan udara sehingga pelepasan panas bisa berlangsung lebih cepat. Sebagian dilengkapi dengan kipas (kipas eletkris atau mekanis) untuk mengalirkan udara melalui sirip pendingin, sebagian yang lain tanpa menggunakan kipas.

Kelebihan

Tipe ini memiliki kelebihan :

  • Desain mesin lebih ringkas.
  • Berat mesin secara keseluruhan lebih ringan dibandingkan tipe pendinginan air.
  • Mudah perawatannya.

Tipe ini memiliki kekurangan, harus ada penyesuaian untuk digunakan di daerah dingin atau panas terutama mesin berkapasitas besar.

Tipe ini banyak diaplikasikan pada mesin pesawat, sebagian besar sepeda motor, mobil tipe lama dan sebagian kecil mobil tipe terbaru. Hampir semua mesin dengan kapasitas kecil menggunakan tipe ini, seperti mesin pemotong rumput, mesin genset dibawah 10 Kva, mesin pemotong kayu (chain saw) dan sebagainya.

Pendinginan air

Sistem ini menggunakan media air sebagai perantara untuk melepaskan panas ke udara.

Komponen utama

Komponen utama dalam sistem ini adalah :

  1. Radiator, berfungsi untuk melepaskan panas.
  2. Saluran berupa pipa (tube) atau selang karet (hose).
  3. Pompa, berfungsi untuk sirkulasi air dalam sistem.
  4. Thermostat, berfungsi untuk menutup atau membuka jalur sirkulasi.
  5. Kipas, berfungsi untuk membantu pelepasan panas pada radiator.

Sistem ini angat umum dipakai pada mobil, sedangkan sepeda motor jarang menggunakan tipe ini.

Pendingin lain

Oli mesin dalam bak poros engkol, selain berfungsi untuk pelumas bagian dalam mesin juga turut serta dalam proses pendinginan mesin.

Lihat pula

Pengertian otomotif

Otomotif adalah ilmu yang mempelajari tentang alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama mobil dan sepeda motor. Otomotif mulai berkembang sebagai cabang ilmu seiring dengan diciptakannya mesin mobil. .

Dalam perkembangannya, mobil semakin menjadi alat transportasi yang kompleks yang terdiri dari ribuan komponen yang tergolong dalam puluhan sistem dan subsistem. Oleh karena itu, otomotif pun berkembang menjadi ilmu yang luas dan mencakup semua sistem dan subsistem tersebut. ;

Daftar school ID telkomsel

Telkomsel School Community

Program khusus Telkomsel bagi pelajar/keluarga.

keunggulan bagi pengguna kartu as:
  • akses internet Rp1/kb
  • sms Rp50/sms
  • telp murah 05.00 - 17.00 Rp8/detik 17.00 - 05.00 Rp13/detik
keunggulan bagi pengguna SIMpati:
  • akses internet Rp1/kb
  • diskon 50% untuk telkomsel flash

Cara aktivasi:

  • ketik: Sekolah school ID kirim ke 4545, atau
  • tekan *355*6*Nomor School ID# lalu call.
tapi kalo kamu belum daftar di Gen' Asik (kartu as)/ SIMpati Zone (simPATI), jangan harap kamu bisa daftar ke komunitas ini. Cara daftar:
  1. ketik DAFTAR kirim ke 4545 (kartu As)
  2. ketik REG kirim ke 8888 (simPATI)
Berikut daftar school ID:

- SMA AL-FALAH school ID 330912035
- SMA NEG 01 school ID 330913214
- SMK PETRA school ID 340117414
- SMA ADVENT school ID 330915049
- SMA 3 RAJA school ID 330910888
- SMA NEG 02 school ID 331213201
- SMK NEG 01 KUALA KENCANA school ID 331214237
- SMP YPJ KUALA KENCANA school ID 331220884
- SMP YAPIS school ID 331222122
- SMP NEG 4 school ID 331220189
- SMP NEG 2 school ID 331226551
- SMP NEG 3 school ID 331229345
-SMAN 2 JOGJAKARTA school ID 331213201
- 153713154
- 143912788
- 051113632
- 153818503
- 152519074

jika sekarang belum berhasil karena penuh atau masa pendaftaran habis, coba lagi di tahun ajaran baru.. moga aja berhasil,coz aku udah pernah coba dan sukses.
Selamat Mencoba!!!